Jumat, 07 November 2014

Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri (MDNU-Pi)

Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri (MDNU-Pi) merupakan lembaga semi otonom di Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri (PPNU-Pi) Kotagede Yogyakarta. MDNU-Pi adalah sebuah lembaga pendidikan formal yang mempunyai tugas besar di dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh. Di dalamnya berperan aktif unsur-unsur terkait yang mengoptimalkan segala kemampuan demi terwujudnya tujuan diadakannya MDNU-Pi. MDNU-Pi menyelenggarakan pendidikan berjenjang yang terdiri dari delapan kelas. Adapun jenjang pendidikannya adalah sebagai berikut:

1) Kelas I’dad

Kelas I’dad merupakan kelas persiapan untuk menempuh jenjang pendidikan diniyah di MDNU Pi. Pada tingkat ini siswi-siswi belajar menulis pegon sebagai modal untuk ma’nani kitab. Target pendidikan pada tingkat ini adalah mempersiapkan siswi-siswi MDNU Pi yang masih belum menguasai kemampuan dasar baca tulis arab.

2) Marhalah Ula terdiri dari 1 kelas

Target Pendidikan adalah membentuk lulusan yang mampu membaca dan menulis Arab serta mengenal nilai-nilai dasar keislaman.

3) Marhalah Tsaniyah terdiri dari 3 kelas

Target Pendidikan adalah membentuk lulusan yang mampu menguasai gramatika dan cara penerapannya serta memahami isi kitab-kitab dasar keislaman.

4) Marhalah Tsalitsah terdiri dari 3 kelas

Target Pendidikan adalah membentuk lulusan yang terampil membaca kitab-kitab dasar keislaman dan memahami isinya serta mampu mengembangkannya.

Kegiatan-kegiatan MDNU-Pi secara umum terdiri dari 2 jenis kegiatan yaitu kegiatan Intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan diniyah yang wajib diikuti oleh seluruh siswi MDNU-Pi tanpa kecuali. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari kecuali hari kamis (Malam Jum’at) pada jam 18.30 -20.00. Sedangkan pada hari Ahad diniyah dilakasanakan jam 06.00-07.00. Sedangkan kegitan ekstra kurikuler adalah kegiatan kegiatan yang dilaksanakan di luar jam kegiatan intra yang meliputi musyawaroh, takror , dan sorogan.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Posting Komentar