Jumat, 07 November 2014

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri
1. Masjid al Faruq
Masjid al Faruq merupakan sarana vital, karena di tempat inilah hampir semua kegiatan terpusat, mulai dari sholat jama’ah, pengajian bandongan, dan kegiatan-kegiatan ilmiah yang lain. Masjid ini didirikan pada tahun 1991 dan selesai pada akhir tahun 1995. masjid ini didirikan di atas tanah milik ahlul bait. Masjid al Faruq memiliki dua lantai yang masing-masing dibagi menjadi dua, sebelah utara untuk putra, dan sebelah selatan untuk putri.
2. Musholla
Musholla Darussalam terletak di bagian utama PP Nurul Ummah Putri, yaitu berada di antara rumah pengasuh (ndalem) dan asrama santri. Musholla Darussalam yaitu berupa fasilitas ruangan yang dilengkapi dengan seperangkat pengeras suara, satu kipas angin.
3. Asrama
Asrama santri di PPNU Pi terdiri dari 4 asrama, yaitu:
• Komplek Aisyah: digunakan untuk santri program tahfidzul qur’an. Asrama ini terdiri dari 8 kamar.
• Komplek Hafsoh: digunakan untuk santri mahasiswa dan sederajat non tahfidzul qur’an. Asrama ini terdiri dari 4 kamar.
•Komplek Subulussalam: digunakan untuk santri mahasiswa dan sederajat non tahfidzul qur’an. Asrama ini terdiri dari 2 kamar.
• Komplek Darussalam: digunakan untuk santri pelajar SLTP dan SLTA dan yang sederajat. Asrama dengan 11 kamar ini terletak di lantai II di atas bangunan musholla Darussalam.
4. Perpustakaan an-Nabil dan Perpustakaan nDalem
Ruangan perpustakaan an-Nabil berada di lantai II masjid al Faruq sebelah selatan. Ruangan berukuran 3 X 4 m ini menampung sekitar 2000 eksemplar lebih buku, yang meliputi: buku-buku di bidang hukum, sosial politik, akhlak, tasawuf, bahasa dan sastra, filsafat, buku pelajaran sekolah, majalah, Koran, berbagai kitab keagamaan dan sebagainya. Sedangkan perpustakaan ndalem merupakan perpustakaan pengasuh yang disediakan untuk umum. Koleksi yang dimiliki adalah kitab- kitab milik pengasuh yang meliputi: kitab tafsir, hadis, ilmu fiqih, ushul fiqih, ilmu kalam, tsawuf, pendidikan, dan ensiklopedi yang semuanya berjumlah sekitar 1359 judul. Perpustakaan ini berada di ndalem pengasuh.
5. Ruang Kantor
a. Kantor utama PPNU Pi
Kantor utama berada di bagian paling depan wilayah PPNU Pi dengan luas kurang lebih 16 m2 . Fasilitas yang ada di ruang ini adalah: 5 buah almari, 2 unit komputer beserta printernya, 1 buah papan struktur organisasi, 1 buah jam dinding, 1 pesawat telepon, serta seperangkat pengeras suara.
b. Kantor MDNU Pi
Kantor MDNU Pi terletak di bagian timur wilayah PPNU Pi dan berhadapan dengan masjid. Ruangan berukuran 3 X 4 m ini dilengkapi dengan fasilitas 1 buah almari buku-buku referensi, 2 buah almari peralatan, 1 unit computer beserta printer, 1 buah jam dinding, 1 papan struktur organisasi dan beberapa fasilitas KBM MDNU Pi.
6. Kopontren
Kopontren menyediakan kebutuhan sehari-hari santri. Bangunan kopontren yang berukuran sekitar 18 m2 ini terletak di bagian pojok selatan wilayah PPNU Pi.
7. Rental Komputer
Rental komputer merupakan fasilitas pelayanan jasa penyewaan komputer. Sampai saat ini usaha rental komputer memiliki 1 unit komputer dan 1 buah printer. Fasilitas ini terletak dalam kawasan kopontren.
8. Ruang Tamu
Ruang tamu ini bersebelahan dengan kantor PPNU Pi dan mempunyai fasilitas sebagai berikut: 1 karpet, 1 almari piala dan 1 lemari inventaris JHQ.
9. Penginapan Tamu
Ruangan ini terletak di antara kamar pengurus dan kamar ustadzah dengan luas 3 X 4 m. Ruangan ini digunakan untuk tamu yang bermalam di PPNU Pi.
10. Fasilitas MCK
Fasilitas ini berada di bagian selatan wilayah PPNU Pi yaitu berupa 16 kamar mandi dan 7 WC, 10 kran wudlu, 1 bak cuci kaki, 1 tempat cuci piring, dan 5 rak sabun. Selain fasilitas tersebut masih ada kamar mandi dan WC di beberapa wilayah PPNU Pi, yaitu: 1 bak pawestren di sebelah barat masjid putri.
11. Kantin
Kantin menempati bagian ndalem pengasuh dan memberikan pelayanan kepada seluruh santri baik putra maupun putri. Di kantin ini disediakan semua kebutuhan santri yang berkaitan dengan konsumsi sehari-hari, baik makanan maupun minuman. Kantin yang khusus melayani santri putri terletak di lantai I musholla Darussalam.
12. Kelas Madrasah Diniyah Kegiatan madrasah diniyah menempati hampir semua lokasi yang berada di PPNU Pi, meliputi: masjid al Faruq lantai I dan II, musholla Darussalam lantai I dan III, gedung Subulussalam, dan kamar santri.
13. Balai Pengobatan al Muhajirin
Fasilitas ini merupakan layanan kesehatan bagi santri putra dan putri serta masyarakat umum. Pembiayaan operasional diambilkan dari iuran wajib santri perbulan.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Posting Komentar